PSORIASIS, Kulit Bersisik tanpa Gatal

Psoriasis mengganggu penampilan karena bentuknya seperti bercak merah dan bersisik, tapi tidak terlalu gatal. Sisiknya lumayan tebal dan kadang rontok sendiri,” kata dr Budiastuti Kusharjuni SpKK, spesialis kulit dan kelamin Siloam Hospital Surabaya (SHS). Kalau digaruk, bercaknya menjadi seperti bekas lilin yang dikerik. Karena itu, gejala khas psoriasis disebut sebagai bercak lilin.

Biasanya, psoriasis muncul di tempat-tempat seperti lutut, siku, perbatasan antara batas terluar rambut dan wajah. “Paling sering bercak tersebut muncul di tempat-tempat yang sering tertekan,” kata Budiastuti. Tapi, psoriasis juga bisa menyerang kuku. “Kalau di kuku, muncul bintik-bintik putih, lalu perbatasan kulit jari dan kuku akan membengkak. Serta, kuku bagian atas agak terangkat atau njengat,” lanjutnya.

Penyakit kulit tersebut bersifat kronis dan mudah kambuh. Penyebabnya hingga kini belum diketahui. Tapi diduga tergolong penyakit autoimun terkait infeksi. “Bisa jadi infeksi di paru, gigi, dan beragam infeksi lain. Akibat infeksi tersebut, sistem imun tubuh akan terganggu,” jelas dokter berjilbab itu. Karena gangguan tersebut, pergantian kulit mati dengan baru yang normalnya terjadi setiap 27 hari menjadi lebih cepat. Yakni, 3 sampai 4 hari.

Itulah mengapa psoriasis bisa menyerang siapa saja. Tidak peduli orang tersebut menjaga kebersihan tubuhnya atau tidak. “Hampir setiap hari saya menemukan kasus ini. Penderitanya beragam. Ada anak-anak yang masih 7 tahun, remaja, hingga dewasa,” kata alumnus FK Unair angkatan 1978 itu. Budiastuti menegaskan, psoriasis bukan penyakit genetik. Jadi, penderita psoriasis tidak akan menurunkan penyakit tersebut kepada anaknya.

PENGOBATAN :

Mahkota Dewa ( Phaleria macrocarpa {Scheff.} Boerl.)

- Belah 3 ( tiga ) buah mahkota dewa segar, bijinya dibuang, lalu iris tipis2 dan jemur sampai kering ( Jika membeli di toko obat dalam bentuk keringnya, kira -kira 15 irisan ). Rebus simplisia ini dengan satu liter air dengan api besar. Setelah mendidih, kecilkan api dan rebus sampai air tersisa seperempatnya. Setelah dingin, saring dan minum airnya sehari dua kali, masing-masing separuhnya. Jika timbul gejala keracunan, turunkan dosis atau hentikan penggunaan.

TIP SEHAT:

  • Asam lemak Omega-3: berguna untuk mengatasi kondisi radang yang kronis. Bahan pangan kaya asam lemak omega-3, di antaranya salmon, sarden, makerel. Konsumsi juga suplemen flaxseed atau evening primrose oil.

  • Antioksidan: perbanyak konsumsi makanan yang berkhasiat antioksidan, yaitu bahan pangan yang banyak mengandung vitamin C, vitamin A (betakaroten), vitamin E, dan mineral (seng, magnesium, dan selenium.

About these ads

31 Tanggapan

  1. kalau porsi ahkota dewa untuk anak umur 15 tahun seberapa banyak?

  2. Assalamualaikum Wr. Wb.

    Sebelumnya saya minta maaf karena baru membalas.
    Untuk anak usia 15 tahun, ibu bisa menggunakan separuh dari dosis di atas. Gunakan 8 irisan mahkota dewa kering yang bisa ibu dapatkan di apotik terdekat.
    Terima kasih. Semoga cepat sembuh.

    Wassalam

    Nuke

  3. Ass. sy punya paman yg mngkin psoriasis, kalau di liat dari gejalanya hampir sama kayak psoriasis yang mbk uraikan. tapi sekarang sisiknya telah meluas ke seluruh tubuh sampai badannya bengkak. kirakira pendapat mbak bagaimana?

  4. Untuk lebih jelasnya anda bisa mendatangi dokter specialis kulit dan kelamin di kota terdekat anda. Jika memang paman anda terkena psoriosis, anda bisa mencoba pengobatan alternatif dengan tanaman obat mahkota dewa.

    Wassalam.

    Nuke

  5. assalamualaikum
    sekedar sharing aja. saya juga penderita psoriosis. kadang2 timbul, kadang sembuh dengan sendirinya. setelah saya amati, ternyata penyebab utamanya juga dari makanan. kurangnya aktivitas olahraga(mungkin dengan keluarnya keringat, pergantian kulit secara cepat bisa di imbangi). pada waktu ramadhan, penyakit saya bisa berkurang sampai 50%. bahkan lebih … :)
    mungkin dengan puasa, juga bisa mengendalikan kecepatan proses psoriatisasi.

  6. Terima kasih atas masukannya.
    Memang benar puasa bisa menambah kekebalan tubuh, apalagi bila dilakukan dgn hati yang ikhlas.

  7. bu saya maua tanya,, saya menderita sekali ama penyakit ini,,
    dari kecil saya sudah sperti ini .. tapi tidak banyak seperti skarang,, berbagai cara sudah saya lakukan tpi itu semua hanya bisa sembuh sesaat,,

    tolong bantuannya??????????????//,,,

  8. Untuk pengobatan ini yang terpenting adalah menjaga daya tahan tubuh.
    Usahakan makan makanan yang bergizi dan istirahat yang cukup.
    Jangan merokok, terlalu capek dan hindari stress.

    Ok, semoga masukan saya bermanfaat untuk anda…

    salam

    Nuke

  9. bu,
    di Tulisan ibu tentang pengobatan dengan ‘Mahkota Dewa’ ada tulisan ‘Jika timbul gejala keracunan, turunkan dosis atau hentikan penggunaan’.
    kira-kira gejala keracunan seperti apa ya??
    apakah keracunan yg ditimbulkan bisa berakibat fatal?? minimal harus dirawat di RS ??

  10. Keracunan yang ditumbulkan biasanya adalah : diare dan muntah, serta pusing dan mual.
    Jika gelaja keracunan timbul, minumlah air kelapa hijau yang direbus dengan jahe untuk menetralisir racun.
    Anda bisa baca tulisan saya dengan judul ” Menetralisir Racun”.

    salam

    Nuke

  11. apakah rokok benar-benar bisa membuat psoriasis bertambah cepat tumbuh?

  12. Rokok mengurangi kekebalan tubuh, sedangkan dalam pengobatan psoriasis adalah usaha peningkatan daya tahan tubuh agar penyakit itu tidak bertambah parah.

    Wassalam

    Nuke

  13. thanks atas infonya ya dokter….sangat membantu sekali…saya akan coba. terapi mahkota dewa ini…

  14. Wah bagus sekali artikel nya, bisa menjadi banyak masukan nih.
    Makasih ya!

    saya sedang menulis perihal Psoriasis di blog saya. silakan berkunjung ya!

    http://distributor4lifeindonesia.wordpress.com/2008/12/21/obat-psoriasis-adalah-transfer-factor/

  15. Dokter,saya ingin tahu klo yg menderita psoriosis ringan tanda2ny ky gmna?saya pnderita psoriosis,dan kadang2 tulang2 saya suka sakit.

  16. Dok saya mau tanya,saya sudah menderita psiriosis -/+ 5 th.saya juga sudah capek bolak-balik ke dokter ahli namun tidak ada hasil yang benar menyembuhkan.Apakah penyakit ini memang tidak bisa di sembuhkan secara total??karena kadang kambuh kadang hilang.Apakah dengan terapi minum buah mahkota dewa sudah pasti berkasiat untuk dapat menyembuhkan penyakit ini???
    Mohon sarannya.
    Trims.:)

  17. dok saya menderita alergi dermatitis (kata dr spesialis kulit) trus minum obat anti alergi ( lorantadin,histapan,metylprednisolone)selama 3 bln ini ada epek sampingnya pada tubuh? dan kalau bernanah saya minum anti biotik (erythromylin) terus. mohon jawabannya terima kasih

  18. pak,aku mau mau nanya sesuatu,obat penyakit kulit bersisik harganya berapa kalo separoh kita beli?apa efeknya?gimana cara konsumsinya?Trims…GBU

  19. saya wanita berusia 20 thun
    saya mau tanya,,
    setelah saya minum obat keputihan dari dokter kurang lebih 4 hari, tiba2 sekujur tubuh baik badan tangan dan kaki saya timbul bercak2 merah dan kemudian keluar seperti bisul2 kecil seperti jerawat dan keluar cairan putih..
    saya hanya mengobatinya dengan bedak salisil dan mandi memakai antiseptik. setelah sembuh kulit sekujur tubuh saya yang terkena tiba2 mengelupas ganti kulit seperti ketombe dan bersisik tetapi tidak sakit dan perih. Yang saya tanyakan apa itu juga termasuk gejala psoriasis?apa yang harus saya lakukan untuk mengobatinya?apa butuh penanganan cepat??
    Mohon jawaban secepatnya ya dok..Trims

  20. dok,,saya mau tanya
    saya sudah 5 tahun menderita psoriasis di kuku,kepala,siku, dan di punggung,,payu dara,,banyak lah,,sudah menyebar,, dan setelah agak membesar pasti saya ambil alias di biopsi udah 3x,,

    saya mohon bantuannya,,karena penyakit ini, orang tua pacar saya jadi ilfeel dan saya di rendahin .,,,saya mohon bantuannya,,saya ingin benenr2 sembuh

  21. berdoa dan berusaha itu juga obat mujarab.

  22. Saya penderita psoriasis pustular degeneralisata sejak remaja belasan mulai mula2 masa haid pertama kira2 usia 13th-an,mulai haid 9th. Kna psoriasis usia belasan usia smp sampai sekarang usia 35 tahun,sudah beberapa kali kumat pernah bersih sekali2nya,kumat tiap haid walau kcil tpi krena lma smbuhnya walau tidak pakai obt dokter krn mhal,tiap bln pykit btmbh bsar smp myebar ke kulit tbuh lainx paling sakit dan payah yaitu bagian sikut,otot kaki yang lelah,telinga.bagian muka(kening)tidk bgtu skt,tpi mempengaruhi penampilan dan percya diri tkutny mluas.bahkan sya jg bisa kumat krn alergi,ikan laut dan kcang wlau buth wkt lma untk kumat tidak lgsung,sxa ingn skali cpt smbuh apkah mahkota dewa menjamin cpt smbuh?ap ad obt trdsionil lain..tolong sya bth infox..sya sdah jnuh dam cpe ktanya pykt Ni blm ad nbtx yg total mymbuhkn.smw obt hya bs smentra.qt yg hrus menjga agar pencetus kumatx tdk smpai terulang parah.sya pernah drwat d rscm slma 2 mgu krn pake gakin,mka blum smbuh bnar(kulit bersh)sdh hrs plg..smpt kumat lg d rmh bhkn lbh parh,.hga bkasx ad smp skrg brupa seperti bkas luka bkar yg parh.

  23. Google

  24. bismillahirrohmaanirrohim
    sebelum mengkonsumsi mahkota dewa, sangat disarankan melakukan pembersihan usus dan detoksifikasi darah, krn jika tidak herba sukar diserap oleh tubuh, akibatnya proses penyembuhan lebih lama..
    info bisa menghubungi sy di wordinsanservices@yahoo.com

  25. aslm.
    saya punya adik , dia suka telur mata sapi. jadi hampir setiap makan , mama saya slalu nyiapin telur tu’ dy….
    beberapa bulan terahir ni , di tangan dan kakinya timbil binti-bintik putih yg bertimpuk-tumpuk. tidak ada rasa gatal.cuman kulit nya kelihatan seperti bersisik. kira-kira apa penyakit adik saya ya dok ?
    apakah ada hubungannya dengan kebiasaan adik saya yg suka makan telur ?

  26. dr.budi.k, saya trkena psoriasis -/+ 15 th lalu,bhkan udh di biopsi,udh dr kulit yg saya datengi,tp sukur ada obat herbal yg mdh didpt & murah,klo pnyakt yg lama sprti saya menuju penghentian sisik or membuat kulit mendekati dg kulit yg tdk br sisik brpa lama

  27. Klo saya kena jari2 tangan juga saya sudah pke obat2tpi belum ada reaksinya ‘jadi gimana tuch

  28. dok,saya menderita penyakit psoriasis sudah 6 tahun ,2 minggu ini saya mengobati psoriasis saya dengan minyak kelapa yg di campur dengan meniran dan pegagan yg di tumbuk halus dan hasilnya psoriasis saya tidak bersisik lagi hanya saja kulit saya yg terkena psoriasis berwarna putih.

  29. kulitku terkelupas dan kelihatan kusut
    gejala apa dan obatnya alami apa serta disebabkan oleh apa

  30. apakah kurang tdur jga bisa mengakibatkan tmbulnya sporiasis dok.
    mkash

  31. asalamualaikum
    sya,menglami ,kulit yg kemerah”.an dn klo digruk,brwarna puth.dn ini.jrng timbul.kra”6bln bru hlang.dn ini membntk lingkran kecil tp tdk terllu menonjol, apkh penykt kult sya teRMasuk sporiasi???

Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: