Mengenal tanaman obat untuk penyakit Diabetes Mellitus

MAHONI ( Swietenia mahagoni Jacq. )

mahoni
Mahoni ditemukan tumbuh liar di hutan jati, di tempat-tempat yang dekat dengan pantai,atau ditanam di tepi jalan sebagai tanaman pelindung. Tanaman ini berasal dari Hindia Barat dan dapat tumbuh subur di pasir payau dekat pantai.
Pohon, tinggi 5-25 m, batangnya bulat, banyak percabangan, kayunya bergetah,dan berakar tunggang. Daun mejemuk menyirip genap. Helaian anak daun berbentuk bulat telur, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, pertulangan menyirip, panjang 3-15 cm. Daun muda berwarna merah, setelah tua menjadi hijau. Bunga majemuk tersusun dalam karangan yang keluar dari ketiak daun. Ibu tangkai bunga berbentuk silindris, berwarna coklat muda. Kelopak bunga lepas satu sama lain, berbentuk seperti sendok, berwarna hijau. Mahkota silindris, berwarna kuning kecoklatan. Benang sari melekat pada mahkota, kepala sari berwarna putih dan kuning kecoklatan.
Mahoni berbunga setelah berumur 7 ( tujuh ) tahun.
Buahnya buah kotak, berbentuk bulat telur, berlekuk lima, berwarna coklat.
Biji pipih, berwarna hitam atau coklat.
Mahoni merupakan pohon penghasil kayu keras dan digunakan untuk keperluan perabot rumah tangga serta barang ukiran.
Mahoni dapat diperbanyak dengan biji.

KUMIS KUCING ( Orthosiphon spicatus B.B.S )

images
Kumis kucing tumbuh liar di sepanjang anak sungai dan selokan, atau di tanam di pekarangan sebagai tanaman obat dan dapat ditemukan di daerah dataran rendah sampai ketinggian 700 m dpl.
Terna, tahunan, tumbuh tegak, tinggi 50 – 100 cm. Batang berkayu, segiempat agak beralur, beruas, bercabang, berambut pendek atau gundul, berakar kuat.
Daun tunggal, bulat telur, elips atau memanjang, berambut halus, tepi bergigi, ujung dan pangkal runcing, tipis, panjang 2 – 10 cm, lebar 1 – 5 cm, warnanya hijau.
Bunga majemuk dalam tandan yang keluar di ujung percabangan, berwarna ungu pucat atau putih, benang sari lebih panjang dari tabung bunga.
Buah berupa buah kotak, bulat telur, masih muda berwarna hijau, setelah tua berwarna coklat.
Biji kecil, masih muda berwarna hijau, setelah tua berwarna hitam.
Kumis kucing dapat diperbanyak dengan biji dan stek batang.

SAMBILOTO( Androghapis paniculata [Burm.f] Nees )

sambiloto2
Sambiloto tumbuh liar di tempat terbuka, seperti di kebun, tepi sungai, tanah kosong yang agak lembab, atau di pekarangan. Tumbuh di dataran rendah sampai ketinggian 700 m dpl.
Terna semusim, tinggi 50 – 90 cm, batang disertai banyak cabang berbentuk segi empat ( kwadrangularis ) dengan nodus yang membesar. Daun tunggal, bertangkai pendek, letak berhadapan bersilang, bentuk lanset, pangkal runcing, ujung meruncing, tepi rata, permukaan atas hijau tua, bagian bawah hijau muda, panjang 2 – 8 cm, lebar 1 – 3 cm. Perhubungan rasemosa yang bercabang membentuk malai, keluar dari ujung batang atau ketiak daun. Bunga berbibir berbentuk tabung ; kecil – kecil, warnanya putih bernoda ungu. Buah kapsul berbentuk jorong, panjang sekitar 1.5 cm, lebar 0.5 cm, pangkal dan ujung tajam, bila masak akan pecah membujur menjadi 4 keping. Biji gepeng, kecil – kecil, warnanya coklat muda. Perbanyakan dengan biji atau setek batang.

TAPAK DARA ( Catharanthus roseus [L.] G. Don )

tapakdara
Tumbuhan ini berasal dari Amerika Tengah, umumnya ditanam sebagai tanaman hias. Tapak dara bisa tumbuh di tempat terbuka atau terlindung pada bermacam – macam iklim, ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 800 m dpl.
Terna atau semak, menahun, tumbuh tegak, tinggi mencapai 120 cm, banyak bercabang. Batang bulat, bagian pangkal berkayu, berambut halus, warnanya merah tengguli. Daun tunggal, agak tebal, bertangkai pendek, berhadapan bersilang. Helai daun elips, ujung runcing, pangkal meruncing, tepi rata, pertulangan menyirip, kedua permukaan mengkilap dan berambut halus. Perbungaan majemuk, keluar dari ujung tangkai dan ketiak daun dengan 5 helai mahkota bunga berbentuk terompet, warnanya ada yang putih, merah muda atau putih dengan bercak merah di tengahnya. Buahnya buah bumbung berbulu, menggantung, berisi banyak biji berwarna hitam. Perbanyakan dengan biji, setek batang, atau akar.

PULAI ( Alstonia scholaris [L.] R. Br. )

pulai
Pulai yang termasuk suku Kamboja – kambojaan, tersebar di seluruh Nusantara. Di Jawa pulai tumbuh di hutan jati, hutan campuran dan hutan kecil di pedesaan, ditemukan dari dataran rendah sampai 900 m dpl. Pulai kadang ditanam di pekarangan dekat pagar atau ditanam sebagai pohon hias.
Tanaman berbentuk pohon, tinggi 20 – 25 cm. Batang lurus, diameternya mencapai 60 cm, berkayu, percabangan menggarpu. Kulit batang rapuh, rasanya sangat pahit, bergetah putih. Daun tunggal, tersusun melingkar 4 – 9 helai, bertangkai yang panjangnya 7.5 – 15 mm, bentuknya lonjong sampai lanset atau lonjong sampai bulat telur sungsang, permukaan atas licin, permukaan bawah buram, tepi rata,pertulangan menyirip, panjang 10 – 23 cm, lebar 3 – 7.5 cm, warna hijau. Perbungaan majemuk tersusun dalam malai yang bergagang panjang, keluar dari ujung tangkai. Bunga wangi berwarna hijau terang sampai putih kekuningan, berambut halus yang rapat. Buah berupa buah bumbung berbentuk pita yang panjangnya 20 – 50 cm, menggantung. Biji kecil, panjang 1.5 – 2 cm, berambut pada bagian tepinya dan berjambul pada ujungnya.
Perbanyakan dengan biji atau setek batang dan cabang.

DAUN SENDOK ( Plantago mayor L. )

daun-sendok
Daun sendok merupakan gulma di perkebunan teh dan karet atau tumbuh liar di hutan, ladang, dan halaman berumput yang agak lembab, kadang ditanam dalam pot sebagai tumbuhan obat. Tumbuhan ini berasal dari daratan Asia dan Eropa, dapat ditemukan dari dataran rendah sampai ketinggian 3.300 m dpl. Tumbuhan obat ini tersebar luas di dunia dan telah dikenal sejak dahulu kala serta merupakansalah satu dari 9 tumbuhan obat yang dianggap sakral di Anglo Saxon. Terna menahun, tumbuh tegak, tinggi 15 – 20 cm. Daun tunggal, bertangkai panjang, tersusun dalam roset akar. Bentuk daun bundar telur sampai lanset melebar, tepi rata atau bergerigi kasar tidak teratur, permukaan licin atau sedikit berambut, pertulangan melengkung, panjang 5 – 10 cm, lebar 4 – 9 cm, warnanya hijau. Perbungaan majemuk tersusun dalm bulir yang panjangnya sekitar 30 cm, kecil – kecil, warna putih. Buah lonjong atau bulat telur, berisi 2 – 4 biji berwarna hitam dan keriput. Daun muda bisa dimasak sebagai sayuran. Perbanyakan dengan biji.

RAMBUTAN ( Nephelium lappaceum L. )

rambutan
Rambutan banyak ditanam sebagai pohon buah, kadang – kadang ditemukan tumbuh liar. Tumbuhan tropis ini memerlukan iklim lembab dengan curah hujan tahunan paling sedikit 2.000 mm. Rambutan merupakan tanaman dataran rendah, hingga ketinggian 300 – 600 m dpl. Pohon dengan tinggi 15 – 25 m ini mempunyai banyak cabang. Daun majemuk menyirip letaknya berseling, dengan anak daun 2 – 4 pasang. Helaian anak daun bulat lonjong, panjang 7,5 – 20 cm, lebar 3,5 – 8,5 cm, ujung dan pangkal runcing, tepi rata, pertulangan menyirip, tangkai silindris, warnanya hijau, kerapkali mengering. Bunga tersusun pada tandan di ujung ranting, harum, kecil – kecil, warnanya hijau muda. Bungan jantan dan bunga betina tumbuh terpisah dalam satu pohon. Buah bentuknya bulat lonjong, panjang 4 – 5 cm, dengan duri tempel yang bengkok, lemas sampai kaku. Kulit buahnya berwarna hijau dan menjadi kuning atau merah kalau sudah masak. Dinding buah tebal. Biji bentuk elips, terbungkus daging buah berwarna putih transparan yang dapat dimakan dan banyak mengandung air, rasanya bervariasi dari masam sampai manis. Kulit biji tipis berkayu. Rambutan berbunga pada akhir musim kemarau dan membentuk buah pada musim hujan, sekitar November sampai Februari. Ada banyak jenis rambutan seperti ropiah, simacan, sinyonya, lebakbulus dan binjei. Perbanyakan dengan biji, tempelan tunas, atau dicangkok.

About these ads

41 Tanggapan

  1. salam kenal..mampir yah..info yang bagus

  2. ass…
    sya rosi ibu saya ada gejala diabetes…
    ak minta donk obat yg bagus sama anda…..

    • sudah menemukan obat diabetes terbaik tanpa menghabiskan biaya banyak???
      Ramuan herbal “Ibu Lina” dengan 2 hari pemakaian akan terasa khasiat dan manfaat rata2 mengalami penurunan 20-35%
      02197558578/081310212268 PIN BB 21046B5A

  3. For : Ardian

    Salam kenal juga..
    Thanks dah mampir ke blogku..

    Nuke

  4. For : Rosi

    Untuk diabetes meliitus, saya menyarankan untuk mencoba ramuan sbb :

    SAMBILOTO, KUMIS KUCING, BROTOWALI

    7 lembar daun sambiloto + 7 lembar daun kumis kucing + ¾ jari batang Brotowali rebus dengan 3 gelas air menjadi 1 gelas, diminum sebelum makan pagi 1 gelas, sore 1 gelas.

    Nuke

  5. saya wanita 21 tahun
    kemarin saya cek gula ternyata gula saya tinggi
    saya minta cara mengurangi and obat alami ny..???

  6. For : Agnes

    Apa anda menderita penyakit kencing manis ?
    Anda bisa membaca tulisan saya pada “pengobatan kencing manis ( diabetes mellitus ).

    Thanks.

    Nuke

  7. Saya menderita DM sejak tahun 90, pengobatan dokter tidak pernah berhenti, sudah 6 bulan ini kaki terasa tebal seperti gringgingen(jawa) kadang terasa sakit, obat apa yang paling cokok untuk rasa sakit tersebut (kadar gula naik turun 130 – 140 – 185 tapi kadang 200 – 300 pernah 400 tapi rata2 dibawah 200, namun rasa tebal tersebut tetap saja tidak berubah, mohon rsep obat tradisional yang bisa menghilangkan rasa tebal seperi berair rasanya seperti kesemutan tapi kaki keliahatan biasa normal tidak terlihat membengkak atau tebal jadi itu cuma rasanya saja. Maturnuwun
    AW

  8. Untuk pengobatan yang mudah, anda bisa mencoba :

    7 lembar daun sambiloto + 7 lembar daun kumis kucing + ¾ jari batang Brotowali rebus dengan 3 gelas air menjadi 1 gelas, diminum sebelum makan pagi 1 gelas, sore 1 gelas.

    Dan imbangi dengan berolah raga, istirahat yang cukup dan stop merokok.

    Semoga cepat sembuh..

    Nuke

  9. Dulu papa kadar gula dlm tubuhna tinggi,
    badan papa sampai lemah tubuhna.
    Lalu, ada orang iiang menyarankan untuk makan
    hewan undur~undur..
    setelah mengonsumsi scr teratur,
    gulana papa menurun drastis….

  10. di daerah sya ada tanaman yg biasa digunakan untuk obat DM tapi nama tanamannya belum diketahui. daunnya itu mirip dengan daun jambu putih…bisa minta tolong dipostkan tanaman obat DM yang kira2 mirip dengan tanaman tersebut,,,
    thanks,,,

  11. buah mahkota dewa dapat juga mengobati DM,Thanks

  12. Selamat pagi,
    Obat Alami untuk penderita diabetes bisa dengan Propolis. Hanya ingin berbagi info, senang rasanya kalau orang lain juga memperoleh solusi yang efektif dan aman serta terbebas dari masalah kesehatan.
    Setelah membaca banyak artikel mengenai Manfaat Propolis saya semakin yakin bahwa Insya Allah Propolis bisa membantu penyembuhan Penderita diabetes & segala macam penyakit yang lain (luar dalam). PROPOLIS memiliki manfaat yang berfungsi sebagai:
    1. Antibiotika Alami (Anti infeksi, antimicrobial seperti virus, bakteri dan jamur)
    2. Anti Radang
    3. Anti Alergi
    4. Meningkatkan Imunitas / Kekebalan Tubuh
    5. Anti Oksidan (mencegah kanker dan membunuh sel kanker)
    6. Nutrisi (memperbaiki dan mempercepat regenerasi sel tubuh)
    7. Detoksifikasi (Pembuangan racun dari dalam tubuh)

    Telah disebutkan dalam Q.S. AN NAHL : Ayat. 68 & 69

    ”……..Keluarlah dari perut lebah syaraabun (cairan) beraneka warna, dan padanya penyembuhan bagi manusia. Sesungguhnya pada yang demikian itu menjadi tanda bagi kaum yang memikirkan.”

    Informasi mengenai propolis kunjungi http://obatpropolis.com

    Semoga bermanfaat. InsyaAllah.
    Wslm.Wr.Wb.
    Rahmah

  13. Mohon infonya untuk mengatasi luka gangren pada penderita Diabetes yang tak kunjung sembuh dan terus basah.

    Trims..

    • konsumsi vitamin yang mengandung zinc, lalu untuk lukanya di taburi dengan gula pasir kalau gulanya udah larut ditaburi lagi sampai luka mengering. selamat mencoba dan semoga bermanfaat

  14. Makasih Informasinya
    Silahkan kunjungi BLOG kami http://h0404055.wordpress.com
    Terdapat artikel yang menarik dan bermanfaat, apabila berkenan tolong silahkan beri komentar
    Salam Kenal dan Terima Kasih

  15. Terimakash..bnyk ats info..info

  16. permisi mba Nuke Ciri2 pnyakit DM Detainya Kya Gmana Seh mba ? Mohon Penjelasan Yang Rinci Untuk Informasi

  17. Ass…wb
    Saya Penderita DM baru 2 bulan,tpi

  18. Ass…wb
    Saya Penderita DM baru 2 bulan,tpi sampai skrg blum sembuh2,bhkan sy sdh rutin berobat ke R.S

  19. tolong kasi saya cara menggunakan kumis kucing?

    untk obt kencing manis?

  20. ada yg bilang, makan binatang undur2 ( semacam kutu ), apa benar ?

  21. ayah saya menderita diabetes melitus sejak thn 2006, sudah bnyk obat di konsumsi, namun hasilnya sama saja!
    tolong donk……… kasih resep obat yg bagus!

  22. kak sy udh setahun sakit deabet adulu brt,bdn 72.kg skrng 53.kg ,…bagai mana pengobatannya agr brt bdn bs porposional dg tinggi bdn sy 170cm ,,jwb ya kakak

  23. ibu saya sesak nafas, badannya bengkak, sering kencing ap itu tanda kena diabetes? mkash

  24. silahkan pelajari bagi yang punya sakit DM

  25. Kak saya mau tanya, Ibu saya kan terkena DB, trs katanya di suruh cari bunga kojatan untuk obatnya, tapi sampe sekarang belum dapet yg namanya bunga kojatan. maaf ni kak, tau gk bunga kojatan itu nama lainya apa?

    • Ora ketemu ya nji…sing ngongkon golek takoni coba..ngerti ora nama laine..

    • sudah menemukan obat diabetes terbaik tanpa menghabiskan biaya banyak???
      Ramuan herbal “Ibu Lina” dengan 2 hari pemakaian akan terasa khasiat dan manfaat rata2 mengalami penurunan 20-35%
      02197558578/081310212268 PIN BB 21046B5A
      untuk apa biaya mahal kalo ada yang murah!!!

  26. hewan undur-undur nya di apakan ya?

  27. Sayangnya tidak dilengkali dosis penggunaanya

  28. Apakah buah rambutan bisa mengatasi diabetes?klu ya craya bg mana?

  29. terimakasih atas informasinya. informasinya sangat bermanfaat
    http://jualberasorganik.net/

  30. om saya memiliki penytakit diabetes ,dia telah di bawa kemana-mana sampai akhirnya dia putusasa.tanaman atau obatapa yang dapat menyembuhkannya sedangkan dia tidak mau makan samasekali

  31. daun pegagan gan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: