ROSELLA ( Hibiscus Sabdariffa L.)

03140645086.jpg0309065307.jpgfor-my-blog.jpg

Teh berwarna merah cantik ini memang multikhasiat. Bunga rosela merah yang telah clikeringkan dan dise­duh menjadi secangkir teh yang berci­tara rasa sedikitasam ini mampu meng­atasi batuk, asam urat, kolesterol, hipertensi, radikal bebas, dan penye­gar (tonik). Selain itu, berdasarkan penelitian ilmiah yang dilakukan ilmu­wan Sudan, rosela merah juga berkha­siat untuk menurunkan tekanan darah (hipotensif), antikejang saluran perna­pasan, anticacing (antelmintik), dan antibakteri.

 

Hipertensi dan Jantung

Lima belas tahun didera kencing manis (diabetes mellitus) membuat H. liliSadeli (58tahu,o.) hosanmctkarJ.obat dan ingin mencari cara pengobatan lain. Setelah mencari informasi ke sana­kemari, akhirnya ia mencoba perun­tungannya dengan mengonsumsi rose­la merah. “Alhamdulillah, setelah tiga bulan minum teh rosela merah, gula darah saya turun dari 320 menjadi 101 dan tekanan darah saya juga memba­ik,” ujar lili.

Selama tiga bulan pertama, ia rutin mengonsumsi teh rosela merah seba­nyak tiga kali sehari. Setelah itu, ia merawat kesehat­annya dengan meneguk teh rose­la merah dua kali sehari. Kini ia ter­bebas dari obat­obatan kimia yang telah ia konsumsi selama lima belas tahun dan kesehat­annya pun mem­baik.

Kesaksian lain datang dari Lina (29 tahun) yang awalnya tersiksa dengan degup jan­tungnya yang tidak normal sehingga membu­atnya sulit tidur. “Mau ke dokter takut didiagnosis penyakit berat dan biayanya pasti nggak sedikit,” dalihnya. Warga Perumahan Taman Legian, Sentul (Bogor) ini akhirnya mencoba teh rosella merah untuk mengatasi gangguan kesehatannya.

Pertimbangannya, di samping minim efek samping, harga teh rosela merah juga relatifterjangkau. Hasilnya, bukan saja ia merasa lebih sehat dan segar,

bobot badannya pun turun sekitar 7 kg dalam waktu konsumsi selama satu tahun. ”Meskipun sudah merasa sehat, saya tetap minum teh rosela merah agar tetap bugar dan menjaga berat badan,” ujar Lina yang sebelumnya berbobot 70 kg dengan tinggi 154 cm.

Tonik Hingga TBC

Rosela merah (Hibis­cus sabdariffa) dulu merupa­kan penghias pagar rumah atau pekarang­an. Saat ini lebih dari 100 varietas rosela tumbuh di Indonesia. Namun jenis yang paling banyak dibudi­dayakan ada­lah rosela ber­bunga merah.

Berbagai penyakit dapat diatasi oleh herba tropis ini, seperti batuk, asam urat, kolesterol, hingga hipertensi.

Rosella Merah: tumbuh di Indonesia

Selain itu, rosella merah berkhasiat menangkal radikal bebas dan bersifat la merah untuk mengatasi gangguan sebagai penyegar (tonik). Hal ini bukan isapan jempol semata karena rosella merah mengandung berbagai senyawa berkhasiat, seperti antioksidan, asam esensial, beta karoten, potasium, zat besi, dan berbagai jenis vitamin.Penggunaan rosela merah sebagai obat oleh masyarakat awalnya bersifat kebetulan dan coba-coba saja. Namun sejumlah ilmuwan berhasil meneliti khasiatnya. Salah satu di antaranya Abd Al-Aziz Sharaf dari Sudan Research Unit, Institute of African and Asian Studies.

Pada 1962, Sharaf membuktikan bawa bunga rosella merah mempunyai khasiat menurunkan tekanan darah (hipotensif), antikejang saluran pernafasan, anticacing (antelmintik), dan antibakteri. Tiga tahun berikutnya Sharaf juga berhasil membuktikan bahwa zat warna merah di kelopak bunga perdu ini dapat mematikan Mycobacterium tuberculosis, bakteri penyebab penyakit TBC.

Hasil penelitian ITB :

Rosella (Hibiscus sabdariffa L.) secara tradisional dimanfaatkan sebagai bahan minuman yang diduga berkhasiat menurunkan tekanan darah. Mengingat golongan senyawa flavonoid memiliki berbagai aktivitas farmakologi, maka dalam penelitian ini diisolasi dan diidentifikasi salah satu senyawa flavonoid dari kaliks. Serbuk simplisia diekstraksi sinambung dengan alat Soxhlet menggunakan n-heksana, etil asetat dan methanol. Ekstrak etil asetat difraksinasi secara kromatografi cair vakum dan kromatografi kolom, kemudian dipisahkan secara kromatografi kertas preparatif. Isolat dikarakterisasi dengan penampak bercak aluminium klorida 5% pada pelat kromatografi lapis tiis dan kromatografi kertas, serta secara spektofotometri ultraviolet-sinar tampak. Penapisan fitokimia menunjukkan adanya golongan senyawa flavonoid, tanin galat dan steroid/triterpenoid. Suatu senyawa flavonoid diisolasi dari ekstrak etil asetat secara kromatografi kertas preparatif. Isolat diduga merupakan senyawa glikosida flavonoid golongan flavon, yang mempunyai gugus hidroksil pada posisi 5, 7 dan 4’.

Hasil: Isolat diduga merupakan senyawa glikosida flavonoid golongan flavon, yang mempunyai gugus hidroksil pada posisi 5, 7 dan 4’.

Isolasi
Senyawa flavonoid diisolasi dari kaliks rosel dengan melalui beberapa tahapan yaitu penyiapan bahan, karakterisasi serbuk simplisia, penapisan fitokimia, ekstraksi, fraksinasi, pemurnian, karakterisasi dan identifikasi isolat. Penyiapan meliputi pengumpulan bahan, determinasi tanaman, dan pengolahan bahan menjadi serbuk simplisia.

Penapisan fiktokimia meliputi pemeriksaan golongan flavonoid, alkaloid, kuinon, tanin, steroid/triterpenoid, dan saponin. Simplisia diekstraksi menggunakan metode ekstraksi sinambung dengan alat Soxhlet. Ekstraksi dilakukan dalam tiga tahapan menggunakan pelarut dengan kepolaran meningkat. Ekstrak yang diperoleh kemudian dipekatkan dengan penguap hampa udara berputar. Ekstrak dipantau menggunakan kromatografi lapis tipis.

Fraksinasi ekstrak dilakukan dengan kromatografi cair vakum silika gel, kemudian difraksinasi lebih lanjut dengan kromatografi kolom selulosa. Fraksi yang terpilih diisolasi secara kromatografi kertas preparatif. Kemurnian isolat diuji dengan kromatografi kertas dua dimensi. Isolat murni dikarakterisasi secara spektrofotometri ultraviolet-sinar tampak dengan penambahan pereaksi geser. Pemeriksaan identitas botani menunjukkan bahwa bahan penelitian adalah Hibiscus sabdariffa L. Kaliks rosel digiling dan diolah menjadi serbuk simplisia. Dari hasil karakterisasi simplisia didapatkan kadar air 5,2%, kadar abu total 7,3%, kadar sari larut air 34,8%, kadar sari larut etanol 18,9%.
Suatu senyawa flavonoid telah diisolasi dari ekstrak etil asetat kaliks rosel. Ekstrak difraksinasi secara kromatografi cair vakum silika gel dan kromatografi kolom selulosa serta dimurnikan secara kromatografi kertas. Isolat diidentifikasi menggunakan spektrofotometri ultraviolet dengan penambahan beberapa pereaksi geser. Hasil identifikasi menunjukkan bahwa isolat adalah senyawa glikosida flavonoid golongan flavon yang mempunyai gugus hidroksi pada posisi karbon 5, 7dan 4’.
Isolat perlu dihidrolisi untuk mengetahui struktur lebih lanjut aglikon dari senyawa glikosida flavonoid tersebut.

{ sumber : Sekolah Farmasi ITB http://bahan-alam.fa.itb.ac.id }


29 Tanggapan

  1. kami menghadapi cobaan, orang kami mengalami penyakit gula dengan pencapai kadar 450 s/d 600, usia nya kini sdh berumur 83 th mengalami penyakit ini sudah berjalan kurang lebih 4 th, kini kondisi tekanan gula rata-rata 300 semenjak berobat di dokter, namun kondosinya kini sudah sedikit lemah karena tidak mampu berjalan, kaki digerakkanpun sudah sakit.
    Untuk itu kami mohon solusinya dengan mungkinkah dengan obat tradisionil rempah-rempahan dapat meringankan penyakit orang tua saya.
    Sebelumnya saya ucapkan terima kasih.

  2. Yth Pak Ali Amran,

    Dari beberapa literatur/artikel/jurnal/testimonial ttg manfaat rosella untuk kesehatan khususnya untuk terapi penyakit tertentu seperti: asam urat, kolesterol, gula darah, hipertensi, dll mungkin bisa dicoba dengan terapi rosella kalau bisa rosella asli indonesia jangan menggunakan rosella import.

    rosella indonesia lebih kayak akan vitamin dan mineral, orang selama ini banyak menganggap rosella nusantara kita masih kalah kualitasnya dengan rosella2 yg ada dinegeri orang.

    Mohon, jika pak ali amrin berkenan akan bantu untuk mengirimkan beberapa paket ‘java tea’ untuk membantu proses terapi penyembuhan dengan rosella.

    ‘java tea’ produk kami terbuat 100% bunga rosella asli indonesia dari hasil pertania organik.

    semoga, apa yg kami lakukan bisa bermanfaat untuk orang lain.

    Salam hormat kami,
    agus sastro
    Insan Mulia Corporation
    Tel. 031-7670761 Fax. 031-7670498
    http://rosella-online.net

  3. Asslamualaikum Wr. Wb.

    Sebelumnya saya minta maaf karena baru membalas.
    Menjawab pertanyaan P. Ali Imran, bapak bisa memilih alternatif pengobatan pada tulisan saya dg judul ” Kencing Manis” . Ada beberapa tanaman obat yang bisa bapak pilih.
    Untuk pemakaian teh Rosella, bapak bisa mencobanya juga. Di atas ada Bpk Agus Sastro yang menawarkan produk tek Rosellanya. Jika bapak berdomisili di Situbondo, bapak bisa mendapatkan tanaman Rosella gratis dari saya. Jika bapak di luar kota, saya bisa mengirimkan biji tanaman Rosella untuk bapak. Tolong cantumkan alamat pengiriman. Insyaallah saya kirim secepatnya.

    Wassalam

    Nuke

  4. Assalamu’alaikum bu Nuke,
    Saya mau juga dong biji tanaman rosellanya..boleh gak?? Beli juga gak apa-apa….🙂

  5. saya berdomosili di Medan-Sumatera Utara.
    saya emailkan alamat lengkap saya ke n.nuke@telkom.net

  6. klo saya domisilinya di Bandung bagaimana? bisa dapet gratis juga. sekalian saya ingin coba juga. kata orang bisa menyembuhkan penyakit akibat lemak spt kolesterol y?
    klo boleh nanti saya akan beri alamat rmh.
    klo bisa dibalas ke email saya di rika_ndry@yahoo.com
    makasi banyak
    ditunggu emailnya

  7. Kami menjual dan menyediakan Tanaman Herbal Bunga Rosella Kering sbg bahan baku Teh merah dengan kwalitas SUPER, kelopak utuh, kadar air 2%, warna bagus dan aroma wangi khas Rosella. Mumpung kami baru panen dan harga kami discount gila-gila-an. Silahkan hub +6281805086394 segera, agar anda dapatkan barang baru yang supwer murah dengan kwalitas Export. Buktikan dan kami tunggu di no hp kami 081805086394. Kami juga menjual benihnya yang berkwalitas SUPER yg hanya diperuntukan pembenihan

  8. saya suka dengan artikel diatas, karena saya juga suka sekali membuat artikel mengenai tanaman herbal terutama rosella, sarang semut dan buah merah. selain itu juga saya menjual beberapa obat herbal yang disebutkan tadi.kami memiliki produk dengan harga dijamin murah.jika anda berminat silahkan kunjungi website kami http://id.marketnearyou.com atau ingin bertanya masalah produk silahkan menghubungi saya (tiara) no.tlp: 081 280 1965 85

  9. saya lagi mau panen rosella, siapa butuh?????

  10. For : hashus

    Kalo boleh tahu, alamat anda dimana?

    Nuke

  11. salam kenal

    mas gimana sih prosedur analisa antosianin pada rosela, bila spektrofotometerny hanya mampu ngukur absorbansi 450 nm ‘kan absorbansi rosela 520 nm ????????

    kabarnya sih harus pake standar antosianin dulu y?? kira” dimana saya bisa mendapatkan antosianin standardny?????

    report to : stevanus_ronaldhp@yahoo.com ,ok..please

  12. Sorry maz…
    Q gag tw soal analisa antosianin pada rosella..

    Nuke

  13. haloo om,.,..,

    wah tipsmnya bagus jugaa,.,.,.

    posting yang baru lagii yaaa….

  14. For : william

    Thanks dah mampir ke bloq aku..

    Nuke

  15. Saya sering dgr byk sekali pengalaman org yg udh ngerasain mnman dr rosella, ktna bnr2 manjur bgt. yg sy mau tanya, rosella itu sbnr na dari bunga ato kelopak bunga?
    makasih y

  16. For : Hapsoro

    Komsumsi bunga Rosella dari kelopak bunganya..
    Rasanya masam, biasanya ditambah gula untuk mendapatkan rasa teh yang nikmat.
    Untuk penderita tekanan darah tinggi, minuman ini sangat manjur untuk menormalkan kembali tekanan darah.

    Ok, selamat mencoba..

  17. Saya mau tny lagi, utk kelopak rosella itu yg sebelah mana ya?kmdian utk mahkota na yg sebelah mana?mksh

  18. seharusnya diberi nama latin dan nama daerahnya OK!!!!!

  19. bu nuke saya salah satu mahasiswa yang sedang menjalankan penelitian tentang ektraksi bunga rosela dengan pelarut nya etanol…
    yang mau saya tanya kan apakah solvent yang saya gunakan sudah benar..
    apakah ibu tau langkah2 mengekstraksi rosela tsb.terim bu

  20. semua info tentang rosella

  21. Makasih infonya, saya sangat tertarik dgn artikel tanaman obat obatan..

  22. nice blog, terikasih infonya.

  23. Bagaimana cara menanam rosella?berapa harga bibitnya?

  24. apakah tanaman rosela bisa tumbuh subur dijenis tanah apa saja dan bisa di minum oleh penderita maag

  25. saya ingin meneliti tentang pengaruh rosella terhadap penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi…akan tetapi bku yg saya gunakan blum cukup,n brpa hari ada efek rosela menurunkan tekanan darah?

  26. nitip promo ya mbak nnuke
    Jual Rosella Curah Tulungagung
    Jual Teh bunga rosella curah dari jenis merah dan ungu, kwalitas bagus dan barang siap kirim. Kami juga menyediakan dalam bentuk serbuk/rajang, bila membutuhkan anda bisa hubungi 081335929777, Trim’s

  27. terselamatkan dari hukuman dosen karena artikel ini. Thanx a lot😀

  28. Cr alami to pengobtn psoriasis apa?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: